Kamis, 02 Juli 2020

Tutorial Mengeringkan Sepatu


AMBALAN KAMESWAARA – CANDRA KIRANA

SMA DIPONEGORO TUMPANG

TUTORIAL MENGERINGKAN SEPATU BASAH

 

            Sebagai seorang anggota pramuka, Kita tak boleh berhenti untuk melangkah ke masa depan yang lebih indah. Sepatu, iya sepatu … sebuah benda yang selalu menemani pramuka kemanapun Pramuka itu melangkah. Kadang kita bingung ketika ada kegiatan, tapi sih sepatu masih basah. Nah .. ini kami berikan sebagian cara untuk mengerikan sepatu :

 

A.    MENGERINGKAN SEPATU DENGAN KOMPOR

1.      Bilas sepatu dengan air dari sumber (sumur/sungai/PDAM/dll) apabila sepatu basah karena kehujanan. Karena air hujan mengandung zat asam yang dapat mengakibatkan bau pada kaki.

2.      Pisahkan sepatu dengan slopnya kemudian bersihkan dari kotoran yang masih menempel.

3.      Rendam sepatu kedalam pengharum selama 15 menit agar sepatu menjadi lebih harum.

4.      Letakkan sepatu dalam posisi ujungnya dibawah selama 5 menit atau kadar air berkurang.

5.      Sepatu yang masih basah dimasukkan kedalam panci dan dipanaskan diatas kompor.

Panci tidak perlu ditutup untuk menghindari uap air yang kembali mencair dan membasahi sepatu.

6.      Bolak-balik sepatu hingga sepatu benar-benar kering.

Bahan sepatu dan suhu kompor mempengaruhi proses percepatan pengeringan sepatu.

7.      Perhatikan baik-baik step 5-6 karena bahan sepatu dan suhu kompor/pemanas akan mempengaruhi kualitas. Kualitas sepatu akan tetap baik bila kita cermat melakukannya.

(* - sepatu dengan bahan yang tipis atau kulit proses pengeringan lebih cepat.

    - sepatu dengan bahan yang lebih tebal dan padat proses pengeringan sedikit lebih lama.

 

B.     MENGERINGKAN SEPATU TANPA SINAR MATAHARI

1.      Dengan Koran Bekas

Pertama :
Cuci sepatu kita sampai bersih, pastikan betul sepatu tersebut dalam keadaan bersih dan tidak ada bau yang tertinggal.
Kedua :
Siapkan  kertas koran bekas secukupnya, lalu kita remas-remas sampai padat dan masukan kedalam sepatu sampai betul-betul penuh (pastikan sepatu kita berisi kertas koran sampai penuh). Biarkan kira-kira 30 menit atau setengah jam. Kertaskoran akan menyerap air di sepatu kita.
Ketiga :
Jika sudah 30 menit keluarkan kertas koran tersebut, dan kita akan menemui kertaskoran yang basah dan beberapa persen air di sepatu kita sudah terserap.
Keempat :
Isikan sepatu dengan kertaskoran yang masih kering sama dengan nomer tiga, namun karna sepatu kita sudah tidak terlalu basah biarkan kertas Koran tersebut menyerap air semalaman. Paginya kita cek maka sepatu kita sudah kering dan bisa kita pakai.

2.      Dengan Hairdryer

Pertama :
Cuci sepatu kita sampai bersih, pastikan betul sepatu tersebut dalam keadaan bersih dan tidak ada bau yang tertinggal. Pastikan tidak ada genangan air dalam sepatu.

Kedua :

Keringkan sepatu dengan hairdryer sampai benar-benar kering. Dan bisa langsung kita gunakan.

3.      TV / Monitor Tabung

TV/monitor tabung ini bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan sepatu yang masih basah setelah kita bungkus dengan kertas koran tadi. Biasanya TV tabung memiliki body yang cukup besar di belakangnya, dan ini cukup untuk kita meletakkan sepatu kita di atasnya. Pastikan anda melakukan ini ketika sepatu anda sudah hampir kering. Jangan meletakan sepatu basah langsung ya! hehe..

TV/monitor Tabung biasanya mengeluarkan panas berlebih di bagian belakangnya, ini yang menyebabkan TV/monitor Tabung lebih boros energi dibanding LCD TV. Panas inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan sepatu, ibaratnya seperti sedang membakar sate, kita bisa bolak balik sepatu kita di atas TV/monitor Tabung sampai semua bagian sepatu kita kering merata.

4.      Kompor Listrik / Magic Warmer / Magic Com

Karena selalu mengeluarkan panas sepanjang pengoperasiannya, anda bisa memanfaatkan panasnya untuk mengeringkan sepatu anda. Sama seperti cara diatas, anda juga harus memastikan anda menggunakan alat ini hanya untuk mengeringkan sepatu yang tidak terlalu basah. Anda cukup meletakan sepatu anda di atas alat ini hingga sepatu anda kering sempurna dan merata.

 

ORANG TERLALU BANYAK ALASAN

ADALAH ORANG YANG TERLALU MALAS.

Masih banyak cara yang lain


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Kotak Saran

Hai Kak ! Terimakasih telah mengunjungi wibesite kami. Berikan saran dan kritik atas pelayanan dari kami "Ambalan Kacadipta".

Alamat:

Jl. Tunggul Ametung 18 Tumpang Kab. Malang

Jam Kerja:

Senin-Sabtu, 06.00 s/d 16.00 WIB

Whatsapp:

085 704 885 340